JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN CGP
JURNAL
REFLEKSI DWI MINGGUAN MATERI PSE
OLEH
CGP_HERMAN_KOTA
KENDARI
Peristiwa
Pada jurnal kali ini,
materi pelatihan yang sedang dibahas
pada pelatihan CGP angkatan 5 adalah Pembelajaran Sosial Emosional (PSE). Pada
modul ini seperti biasa belajar dengan menggunakan alur pembelajaran MERDEKA,
yakni mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi
terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi,
serta aksi nyata.
Setelah semua lorong
telah terisi, maka kegiatan pembelajaran berlanjut pada Eksplorasi konsep (E). Pada kegiatan
ini, tersaji dalam bentuk diskusi
dalam menyelesaikan kasus, kasus yang
disajikan pada modul kali ini cukup lumayan banyak yakni sebanyak 5 kasus.
Seperti biasanya
setelah kami melakukan eksplorasi konsep, kami bersama melakukan diskusi yang
difasilitasi oleh fasilitator untuk
menyamakan pemahaman tentang modul yang sudah dieksplorasi secara individu.
Kegiatan ini masuk pada ranah ruang kolaborasi (R). Pada sesi ini, kami CGP
berdiskusi dalam kelompok memecahkan kasus yang disajikan, yang dilakukan
selama 2 kali. Hari pertama sesi diskusi penyelesaian kasus, hari kedua sesi
presentase untuk saling memberikan penguatan atas hasil diskusi masing-masing
kelompok melalui sesi tanya jawab. Akhir
dari sesi ini adalah mengunggah tugas kelompok di LMS.
Setelah selesai
pengunggahan tugas, berlanjut pada kegiatan selanjutnya yakni memasuki tahapan
demonstrasi kontekstual (D). Pada sesi ini CGP diberi tugas untuk menyusun RPP
atau rencana layanan yang mengintegrasikan PSE di dalamnya. Lalu diunggah di
LMS.
Kegiatan setelah
demonstrasi kontekstual adalah elaborasi pemahaman (E) bersama dengan nara
sumber Nasional, kali ini narasumbernya adalah ibu Siti Nurul Rohmah. Pada kegiatan ini, diawali dengan CGP
mengajukan pertanyaan kepada instruktur berkaitan dengan materi pada modul 2.2.
tentang pembelajaran sosial emosional yang belum dipahami. Pertanyaan ini akan
menjadi bahan diskusi yang akan
digunakan instruktur untuk dibahas pada forum elaborasi pemahaman.
Setelah kegiatan
ini, CGP melakukan kegiatan koneksi
antar materi (K) sebagai bentuk refleksi atas hasil pembelajaran yang telah
dipermantap oleh fasiklitator. Kegiatan pembelajaran terakhir dari alur belajar
MERDEKA pada modul Pembelajaran Sosial Emosional (PSE), CGP diminta melakuan aksi nyata (A) sebagai
bentuk tnggung jawab atas pembelajaran yang telah dijalani. Pada modul 2.2. ini
aksi nyata yang diminta adalah CGP diminta untuk menerapkan PSE dalam
pembelajaran, namun tidak perlu diunggah pada laman LMS, namun diunggah pada
portofolio digital masing-masing CGP. Sebagai akhir aktivitas dari sesi pada modul ini ditutup
dengan penilaian kinerja oleh CGP kepada instruktur.
Perasaan
Setelah saya
mengikuti sesi pembelajaran dengan alur MERDEKA pada modul 2.2. tentang
pembelajaran sosial emosional ini, saya merasa bangga dan bersyukur bisa berada dalam forum diklat CGP ini.
Pembelajaran
Pembelajaran yang
saya dapatkan dengan mempelajari modul 2.2. ini adalah guru harus mampu
mengembangkan kompetensi sosial emosional murid untuk mendukung keberhasilan
pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan pengembangan dan penerapan pembelajaran
sosial emosional untuk meningkatkan kompetensi sosial emosional ini harus
dilakukan secara kolaboratif. Mengingat pentingnya hal ini, maka pada modul ini
juga disajikan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan KSE pendidikan dan
tenaga kependidikan, sehingga pembelajaran sosial emosional ini menjadi
menyeluruh pelaksanaanya.
Penerapan
Setelah menjalani
proses pembelajaran, sebagaimana tuntutan alur belajar MERDEKA, maka penerapan
menjadi tagihan yang harus dipenuhi
sebagai bentuk aksi nyata untuk mewujudkan hasil belajar yang telah dilakukan
pada modul ini. pada modul ini, saya sudah melakukan aksi nyata seperti menyusun RPP dengan
mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional kedalam pembelajaran saya.
Selain itu saya juga sudah mencoba menerapkan dalam pembalajaran saya dikelas
dengan mempraktekkan teknik STOP untuk meningkatkan kesadaran diri murid
sebelum belajar. Pada kegiatan STOP ini saya mencoba mengkombinasikan dengan
memutarkan musik sambil melakukan teknik STOP sebelum memulai pembelajaran.
Hasil yang saya peroleh alhamdulillah, murid-murid saya lebih antusias dan
lebih fokus dalam belajar mata Pelajaran Ekonomi materi Akuntansi.
Komentar